Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul : Budaya Positif
Nama Peserta : Syaiful Rahman
Latar Belakang :
Setiap peserta didik memiliki kebutuhan dasar dalam berpikir, bertindak dan mengekspresikan diri dalam proses pembelajaran di sekolah.
Dalam proses pembelajaran untuk wujudkan peserta didik dengan profil pelajar pancasila membutuhkan adanya tumbuh kembang budaya positif
Tumbuh kembang budaya positif peserta didik diharapkan muncul atas kedasaran diri dan motivasi internal
Adanya keberpihakan guru kepada peserta didik dengan memahami Perubahan Paradigma - Stimulus Respon lawan Teori Kontrol, Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan, Kebutuhan dasar peserta didik, 5 peran kontrol guru, segitiga restitusi
Tujuan :
Adanya tumbuh kembang budaya positif pada peserta didik di lingkungan pendidikan
Adanya pemahaman guru dalam menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada peserta didik sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi peserta didik yang merdeka.
Tolok Ukur :
Munculnya motivasi diri ( internal ) pada peserta didik
Terpenuhinya kebutuhan dasar peserta didik
Terlaksananya posisi kontrol guru sebagai teman, pemantau dan manajer
Restitusi atas segala pelanggaran atas keyakinan kelas yang disepakati bersama
“Win-Win Solution” dalam setiap tindakan bagi peserta didik, guru dan seluruh warga sekolah
Lini Masa Tindakan yang akan dilakukan :
Bangun kesepakatan dan keyakinan kelas
Tumbuhkan kembangkan motivasi diri internal peserta didik
Penuhi kebutuhan dasar peserta didik
Jalankan posisi kontrol guru sebagai teman, pemantau atau manajer
Lakukan tahapan segitiga restitusi dalam pemecahan masalah
Dukungan yang diperlukan :
Kolaborasi semua warga sekolah khususnya rekan sejawat guru
Komunikasi dan kerjasama bangun keyakinan dan kesepakatan kelas bersama warga sekolah khususnya peserta didik dan guru
Dukungan orang tua dalam wujudkan kesinambungan dan keberlanjutan budaya postif peserta didik disekolah maupun dirumah.
Pemahaman bersama atas konsep Perubahan Paradigma - Stimulus Respon lawan Teori Kontrol, Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan, Kebutuhan dasar peserta didik, 5 peran kontrol guru, segitiga restitusi oleh semua warga sekolah khususnya oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar