Sabtu, 16 Oktober 2021

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Media Belajar Bersama


Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul        : Budaya Positif
Nama Peserta    : Syaiful Rahman

Latar Belakang :

  1. Setiap peserta didik memiliki kebutuhan dasar dalam berpikir, bertindak dan mengekspresikan diri dalam proses pembelajaran di sekolah.

  2. Dalam proses pembelajaran untuk wujudkan peserta didik dengan profil pelajar pancasila membutuhkan adanya tumbuh kembang budaya positif 

  3. Tumbuh kembang budaya positif peserta didik diharapkan muncul atas kedasaran diri dan  motivasi internal 

  4. Adanya keberpihakan guru kepada peserta didik dengan memahami Perubahan Paradigma - Stimulus Respon lawan Teori Kontrol, Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan, Kebutuhan dasar peserta didik, 5 peran kontrol guru, segitiga restitusi

Tujuan :

  1. Adanya tumbuh kembang budaya positif pada peserta didik di lingkungan pendidikan

  2. Adanya pemahaman guru dalam menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada peserta didik sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi peserta didik yang merdeka.


Tolok Ukur

  1. Munculnya motivasi diri ( internal ) pada peserta didik

  2. Terpenuhinya kebutuhan dasar peserta didik

  3. Terlaksananya posisi kontrol guru sebagai teman, pemantau dan manajer

  4. Restitusi atas segala pelanggaran atas keyakinan kelas yang disepakati bersama

  5. “Win-Win Solution” dalam setiap tindakan bagi peserta didik, guru dan seluruh warga sekolah

Lini Masa Tindakan yang akan dilakukan :

  1. Bangun kesepakatan dan keyakinan kelas

  2. Tumbuhkan kembangkan motivasi diri internal peserta didik

  3. Penuhi kebutuhan dasar peserta didik

  4. Jalankan posisi kontrol guru sebagai teman, pemantau atau manajer

  5. Lakukan tahapan segitiga restitusi dalam pemecahan masalah

Dukungan yang diperlukan :

  1. Kolaborasi semua warga sekolah khususnya rekan sejawat guru

  2. Komunikasi dan kerjasama bangun keyakinan dan kesepakatan kelas bersama warga sekolah khususnya peserta didik dan guru

  3. Dukungan orang tua dalam wujudkan kesinambungan dan keberlanjutan budaya postif peserta didik disekolah maupun dirumah.

  4. Pemahaman bersama atas konsep Perubahan Paradigma - Stimulus Respon lawan Teori Kontrol, Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan, Kebutuhan dasar peserta didik, 5 peran kontrol guru, segitiga restitusi oleh semua warga sekolah khususnya oleh guru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar